Bank Siapkan Ribuan Kartu Uang Elektronik

Perbankan gencar melakukan sosialisasi penggunaan kartu uang elektronik menyusul diresmikannya tol Balikpapan-Samarinda. (Ariyansah/Disway Kaltim) 

Balikpapan, DiswayKaltim.com – Seiring beroperasinya tol Balikpapan – Samarinda, sejumlah perbankan gencar melakukan sosialisasi. Khususnya bank yang telah bekerjasama dalam transaksi elektronik tol.

Ribuan kartu uang elektronik sudah disiapkan. Masyarakat yang ingin melalui jalan tol harus menggunakan uang elektronik. Meski dalam dua minggu ke depan belum dikenakan biaya.

  • sang badar
  • andirus
  • zairinsarwono

Namun untuk mendapatkan kartu, masyarakat dikenakan biaya paling murah Rp 50 ribu. Branch Manager Bank BTN Balikpapan, R. Bambang Hendro Tjahjo mengungkapkan, sejak tol masih dalam penyelesaian pembangunan, pihaknya sudah melakukan sosialisasi kepada nasabah.

“November itu kita sudah sudah sosialisasi dahulu. Setiap ada kegiatan dengan nasabah juga sudah memberikan edukasi mengenai e-Toll kepada nasabah,” katanya saat dijumpai, Kamis (19/12/2019). BTN mngeluarkan kartu elektronik dengan nama Blink.

Sebagai tahap awal, BTN menyediakan 300 kartu uang elektronik dan telah terdistribusi. “Sudah dicetak, tahun depan tinggal minta ke pusat,” ujarnya.

  • kpu kutim1
  • kpu kutim2
  • kpu kutim3

Bambang Hendro Tjahjo mengatakan sampai akhir bulan ini perbankan dan regulator gencar mensosialisasikan program ini. “Kami juga menyediakan fasilitas isi ulang dan pembelian kartu yang bisa terjangkau,” katanya lagi. Pengisian saldo bisa dilakukan di swalayan dan ATM terdekat.

Penyediaan kartu uang elektronik juga disediakan Bank Mandiri. Sebanyak 10 ribu kartu elektronik tol yang di-branding dengan e-money. Kartu itu nantinya bisa digunakan bagi pengguna tol Balikpapan – Samarinda yang dibangun pertama kali di wilayah Kalimantan.

Vice President Bank Mandiri Balikpapan Aksomo Widiasto menambahkan, dengan diresmikan dan penggunaan kartu e-Toll merupakan momentum yang baik karena bisa digunakan di manapun berada.

“Ini adalah momentum yang baik dimana nanti e-Toll bisa digunakan transaksi di minimarket, ritel modern dan parkir mal. Lebih tersosialisasi dengan baik dan bermanfaat,” ujarnya.

Bahkan pihaknya optimistis, dengan adanya e-Toll melalui Bank Mandiri berupa e-Money dapat menambah jumlah nasabah. Karena dengan produk itu bisa menambah saldo melalui aplikasi smartphone.

“Sosialisasi e-Toll sudah dilakukan, yaitu melalui Bank Indonesia. Kampanye, termasuk sopir-sopir yang ada di Balikpapan. Spanduk di Bank Mandiri juga sudah terpasang,” pungkasnya.

Sebagai informasi tambahan, uang elektronik yang bisa digunakan di tol Balikpapan-Samarinda dikeluarkan oleh bank Mandiri dengan brand E-Money, BNI (TapCash), BTN (Blink), BRI (Brizzi) dan BCA (Flazz). Uang elektronik itu tersedia di sejumlah ritel modern dan bank yang mengeluarkan. (fey/eny)

kpu kukar

Saksikan video menarik berikut ini: