Arita dan Safaruddin Bicara Empat Mata Soal Pilkada, Indikasi Akan Bergandengan?

Arita bergegas menuju mobilnya setelah berbincang dengan Safaruddin.

===========

Balikpapan, DiswayKaltim.com – Yohana Palupi Arita atau dikenal Arita Effendi semakin terang-terangan. Istri wali kota Balikpapan itu menunjukkan niatnya maju di Pilkada Balikpapan 2020.

Tadi siang, Arita menemui Ketua DPD PDIP Kaltim Irjen Pol (Purn) Safruddin di Hotel Grand Tjokro Balikpapan, Jalan Marsma Iswahyudi, Kamis (19/12/2019). Kurang lebih satu jam setelah acara Rapat Konsolidasi Internal DPD PDIP Kaltim. Sekira pukul 14.45 Wita.

Arita datang mengenakan jilbab merah, kemeja putih bermotif kotak-kotak garis hitam. Rok hitam panjang. Arita membenarkan, pertemuannya dengan mantan Kapolda Kaltim itu membahas tentang Pilkada Balikpapan 2020.

“Saya datang, sowan ke Pak Safaruddin sebagai ketua PDIP Kaltim. Sowan ke beliau saja. Soal pilkada. Intinya, beliau (Safaruddin) menyampaikan, semua tergantung DPP,” kata Arita, usai bertemu dengan Safaruddin.

Dari informasi yang diterima, pertemuan empat mata itu berlangsung di restoran hotel tersebut. Safaruddin, juga membenarkan pertemuan keduanya membahas tentang Pilkada Balikpapan 2020.

“Iya ketemu saya. Pembahasannya, kalau nanti bisa (maju), beliau berharap pasangan dengan saya. Kalau saya maju jadi wali kota, beliau harap berpasangan dengan saya. Ya komunikasi politik,” katanya.

Pada pertemuan itu, Safaruddin menjelaskan dirinya menyerahkan sepenuhnya ke DPP PDIP, terkait pencalonan Pilkada Balikpapan. Dengan melalui proses penjaringan oleh partai. Yang jadi pertimbangan untuk diusung adalah hasil survei elektabilitas, fit and proper test hingga tes wawancara.

“Biar kita mau (maju) kalau tidak ada rekomendasi dari DPP kan tidak mungkin. Keluarnya rekomendasi DPP pertimbangannya hasil survei. Salah satunya. Ada juga fit and propert test, tes wawancara juga,” kata Safaruddin, yang juga menjabat anggota Komisi III DPR RI itu.

Sebelumnya, nama Safaruddin digadang akan maju di Pilkada Balikpapan 2020. Itu juga pernah ditegaskan secara langsung oleh Safaruddin. Ia siap bartarung di pesta demokrasi 5 tahunan Balikpapan itu, jika didukung partainya.

Nama Safaruddin-Arita juga sempat mencuat. Diisukan akan berpasangan di Pilkada Balikpapan 2020. Ini sempat jadi pembahasan, obrolan di warung-warung kopi. (sah/dah)

Saksikan video menarik berikut ini: