TransNusa Stop Operasi di Kalimarau

TANJUNG REDEB, DISWAY – Sempat melayani rute Berau-Balikpapan setiap hari sejak awal tahun 2019, kini maskapai TransNusa berhenti beroperasi di Bandar Udara Kalimarau.
Kepastian tersebut disampaikan Kepala Unit Penyelenggara Bandara Udara (UPBU) Kalimarau, Bambang Hartato. Diungkapkannya, maskapai TransNusa sudah menghentikan operasional di Bandara Kalimarau sejak awal November 2019.

“Kami dari pihak bandara tidak mengetahui secara pasti penyebab dari maskapai ini menghentikan rute dari Berau-Balikpapan dan sebaliknya,” ujarnya.
Namun demikian, Bambang menduga berhentinya operasional maskapai TransNusa, karena melayani rute lain yang lebih gemuk atau lebih padat penumpang daripada rute Berau-Balikpapan dan sebaliknya.

“Semula kan terbang setiap sore, kemudian waktu Oktober sempat dimajukan menjadi siang, nah awal November sudah mengajukan surat penghentian rute di Berau,” tuturnya.

  • sang badar
  • andirus
  • zairinsarwono

Meski sudah tidak melayani rute Berau- Balikpapan dan sebaliknya, maskapai TransNusa masih melayani rute khusus bagi wisatawan dari Balikpapan menuju Pulau Maratua.

“Kalau untuk rute Maratua masih dilayani, hanya khusus ke Bandara Kalimarau yang sudah berhenti,” katanya.

Secara umum, Bambang mengaku arus penumpang di Bandara Kalimarau masih cukup stabil, yakni berkisar antara 750 – 800 penumpang setiap harinya. Dalam satu tahun jumlah keberangkatan penumpang berkisar 400 ribu orang. Jumlah ini tidak mengalami perubahan yang siginifikan dari tahun tahun sebelumnya.

  • kpu kutim1
  • kpu kutim2
  • kpu kutim3

“Sampai saat ini penumpang kita memang tidak banyak mengalami kenaikan, mungkin ini juga jadi alasan,” ungkapnya.

“Kondisi ini mungkin harus juga menjadi perhatian pemerintah daerah bagaimana bisa meningkatkan kunjungan wisawatan melalui Bandara Kalimarau bukan melalui Tarakan seperti yang selama ini terjadi,” pungkasnya.(*/zuh/app)

kpu kukar

Saksikan video menarik berikut ini: