Lulusan SMA Tidak Ada

TANJUNG REDEB, DISWAY – Setelah mengalami penundaan, Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan (BKPP) Berau, resmi mengumumkan formasi penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) tahun 2019.

Kepastian tersebut disampaikan Kepala Bidang Mutasi Aparatur BKPP Muhammad Said, Jumat (8/11).

Seperti diungkapkan sebelumnya, jumlah kuota CPNS untuk Kabupaten Berau tahun 2019 hanya 160 orang. Dari jumlah tersebut 80 persen di antaranya formasi khusus bagi tenaga kesehatan dan pendidikan, selebihnya formasi umum.

  • sang badar
  • andirus
  • zairinsarwono

Formasinya tenaga pendidikan 76 orang, tenaga kesehatan 68 orang, tenaga teknis 16 orang serta formasi khusus bagi penyandang disabilitas sebanyak 3 orang. (selengkapnya lihat grafis)
“Semua formasi yang ada ini untuk lulusan minimal diploma III, untuk lulusan SMA tahun ini tidak ada,” terangnya.

Lanjut Said, seperti yang telah umumkan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPANRB) beberapa waktu lalu, pada Senin, 11 – 25 November 2019 merupakan masa pendaftaran peserta CPNS secara online dan penerimaan berkas peserta. Sehingga, Said meminta para peserta sejak formasi ini diumumkan untuk segera mempersiapkan syarat-syarat yang diperlukan.

“Jadi tanggal 11 itu bukan pengumuman, tetapi sebetulnya sudah masuk dalam tahapan pendaftaran secara online di situs resmi https://sscn.bkn.go.id sesuai dengan kompetensi dan latar belakang pendidikan kebutuhan Pemkab Berau,” ungkapnya.

  • kpu kutim1
  • kpu kutim2
  • kpu kutim3

Usai melakukan pendaftaran online melalui situs resmi yang telah di tentukan, pada 12 November, BKPP akan melakukan seleksi administrasi pada 15-20 November, tahapan pencetakan kartu peserta. Selanjutnya pada Januari 2020 BKPP membuka masa sanggah bila tidak lulus seleksi administrasi.

“Berbeda dari tahun 2018, tahun ini peserta bisa mengajukan sanggah bila tidak lulus seleksi administrasi, nanti mereka menyampaikan apa yang menurut mereka salah dan BKPP akan menjawab, itu waktunya tiga hari,” jelasnya.

Pada awal Februari 2020, tahapan selanjutnya masuk dalam Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) dan Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) dengan menggunakan sistem CAT. Lalu bersambung pada tahapan penetapan kelulusan CPNS pada April 2019 yang dirangkaikan dengan penyampaian penetapan kelulusan dari PPK ke Panitia Seleksi Nasional (Panselnas).

Di bulan yang sama juga bagi peserta yang dinyatakan lulus akan langsung mendapatkan Nomor Induk Pegawai (NIP). Hanya saja tanggalnya belum ditentukan.
“Kami berharap, dari penerimaan ini akan mendapatkan pegawai yang benar-benar sesuai keahlian mereka dan loyalitas tinggi,’ tandasnya.(*/zuh/app)

kpu kukar

Saksikan video menarik berikut ini: