Berau Coal Gelar Pelatihan Multimedia dan Desain Grafis

Managing Director Sinar Mas Saleh Husin, Direktur PT Berau Coal, P.S. Satyo Nugroho, Bupati Berau Muharram, dan sejumlah peserta pelatihan foto bersama (Hendra DiswayBerau)

Tanjung Redeb, DiswayKaltim.com – Politeknik Sinar Mas Berau Coal (Poltek Simas Berau), membuka program pelatihan multimedia dan desain grafis pada Sabtu (14/9/2019) di ruang pelatihan Kampus Poltek Simas Berau.

Kegiatan yang digelar sekitar pukul 11.00 Wita, itu merupakan program beasiswa guna mengembangkan keterampilan dan kemampuan sumber daya manusia (SDM) di Kabupaten Berau. Khususnya dalam bidang multimedia dan desain grafis.

“Harapannya kita bisa menemukan bibit-bibit unggulan dan bisa menjadi SDM yang memiliki kompetensi tinggi, serta ahli di bidang multimedia dan desain grafis. Dimana nantinya dengan pengetahuan tersebut bisa membuka lapangan pekerjaan atau melatih SDM lainnya,” ungkap Direktur Poltek Simas Berau, Agustinus Setyawan.

Pembukaan dihadiri oleh Bupati Berau Muharam, Managing Director Sinar Mas, Saleh Husin, dan Direktur PT Berau Coal, P.S. Satyo Nugroho, beserta perwakilan manajemen PT Berau Coal dan Poltek Simas Berau.

Di tempat yang sama, Saleh Husin, juga menyebutkan, kemampuan penulisan untuk beragam keluaran baik cetak, dalam jaringan internet (daring) yang berbasis tekhnologi harus selalu diimbangi dengan keterampilan. Salah satunya adalah, kemampuan dalam melakukan desain grafis, fotografi juga videografi adalah kebutuhan yang tak terelakkan di era multi media ini.

Disampaikannya juga, SDM yang mandiri dalam kebutuhan semacam ini, akan memiliki nilai tambah saat menghasilkan keluaran korporat berbasis ide kreatif, khususnya bagi perusahaan yang membutuhkan jasa seorang multimedia.

“Mereka akan leluasa menampilkan citra perusahaan melalui beragam karya. Jika ingin berwirausaha pun, peluang juga terbuka luas, mengingat ada begitu banyak hal positif di Berau yang menanti sentuhan kreatif dan inovatif agar dapat diketahui dan bermanfaat bagi publik luas,” ujarnya.

Sebanyak 30 orang peserta akan mengikuti pelatihan selama 4 bulan kedepan. Mulai Senin (16/9) hingga 13 Januari 2020 mendatang. Seluruh peserta yang berusia di bawah 25 tahun dan merupakan lulusan SMA atau SMK di Kabupaten Berau, yang telah melewati proses seleksi ketat sebelumnya.

Sementara Itu Bupati Berau, Muharram, mengatakan, mendukung pelatihan yang digelar oleh Sinas Mas Berau Coal tersebut. Dengan adanya pelatihan itu, peluang untuk bersaing dalam dunia usaha. Sebab kata dia, bidang multimedia da desain grafis merupakan keterampilan yang masih sangat sedikit dikuasai di Kabupaten Berau.

Terlebih lagi di era revolusi industri 4.0, dimana persaingan usaha harus menekankan pada pola digital economy, artificial intelligence, big data, robotic, atau dikenal dengan fenomena disruptive innovation.

“Apalagi banyak anak muda milenial mulai menggandrungi teknologi. Dengan adanya pelatihan seperti ini kita berharap mampu memberikan keterampilan khusus untuk bersaing, baik dalam dunia kerja, maupun wirausaha,”bebernya.

Dirinya juga berpesan kepada seluruh peserta, agar dapat memaksimalkan waktu pelatihan selama 4 bulan untuk bersungguh-sungguh belajar, dan menyerap seluruh teori serta praktik yang diberikan.

“Saya kira waktu 4 bulan itu cukup. Dan kita berharap kedepannya pelatihan seperti ini dapat terus berlanjut di tahun mendatang,”jelasnya.

Dengan mendatangkan langsung pelatih yang ahli dan kompeten di bidang multimedia serta desain grafis dari Jakarta, kegiatan akan dilaksanakan dengan metode 20% teori dan 80% praktik. Beberapa materi yang akan dipelajari adalah scriptwriting, graphic design, photography, dan videography.

Salah seorang peserta, Muhammad faisal Febriadi, mengucapkan terima kasih kepada pihak Sinas Mas dan Berau Coal karena telah membuka program pelatihan pelatihan multimedia dan desain grafis tersebut.

“Pelatihan seperti ini sangat dibutuhkan. Saya sendiri merasa sangat terbantu, karena tujuan saya mengikuti pelatihan ini untuk menjadi seorang wirausaha. Saya mengucapkan terima kasih sudah bisa lolos. Harapan saya, melalui pelatihan ini bisa menjadi seorang wirausaha,” tutur warga Kampung Maluang ini.

Nantinya, para peserta yang mengikuti kegiatan dengan baik dan lulus akan mendapatkan sertifikat. Sementara para lulusan yang tertarik berwirausaha, berkesempatan mendapatkan pendampingan dari Berau Coal. (*/zza/app)

Simak video terbaru dari Nomor Satu Kaltim:

Leave A Reply