alexa
disway ntt malang

Kaltara, 56 Titik Panas Terpantau

Tanjung Selor terpantau kabut asap cukup tebal. (Heri Muliadi/DiswayBerau)

Tanjung Selor, DiswayKaltim.com – Ibu kota Kalimantan Utara, Tanjung Selor dan terlihat berkabut asap cukup pekat, Kamis (5/9/2019).

Dari pantauan Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Tanjung Harapan, kabut asap dikarenakan adanya titik panas di beberapa wilayah di Provinsi Kalimantan Utara.

“itu dari hasil citra satelit BMKG dan LAPAN untuk wilayah Kalimantan Utara,” ungkap Kepala BMKG Tanjung Harapan Muhammad Sulam Khilmi kepada DiswayKaltara, Kamis (5/9/2019).

Terpantau sejak pukul 17.20 Wita atau 5 September 2019 pukul 09.20 UTC. Hasil pantauan BMKG setidaknya titik panas ada di Kecamatan Tanjung Palas, Tanjung Palas Timur, Tanjung Palas Utara, Tanjung Palas Barat, Peso Hilir Kabupaten Bulungan.

Lalu di daerah Sungai Boh dan Malinau Selatan Kabupaten Malinau, serta wilayah Sembakung Kabupaten Nunukan.

“Asap ini juga dipicu adanya kebakaran hutan dan lahan di tiga kabupaten ini,” sebutnya.

Dia menuturkan kabut asap yang terjadi di Tanjung Selor hanya memiliki jarak pandang kurang lebih 4 kilometer. Dan titik api yang terpantau satelit ada 56 titik, dengan begitu dirinya mengimbau agar masyarakat untuk mengurangi aktivitas pembakaran lahan. Agar kejadian seperti tidak berdampak luas.

Dari Satelit Aqua untuk wilayah Sungai Boh Kabupaten Malinau terpantau 4 titik api dengan tingkat keakuratan 74 persen. Lalu di Kecamatan Tanjung Palas Timur ada 9 titik api tingkat keakuratan 47 hingga 92 persen.

Kemudian 9 titik api di Kecamatan Tanjung Palas Utara tingkat keakuratan 66 hingga 75 persen. Dan 4 titik di Malinau Selatan Kabupaten Malinau dengan tingkat keakuratan 32 persen.

“Bervariatif, untuk Satelit Aqua itu bisa mendeteksi hingga 90 persen adanya titik api,” bebernya.

Kemudian dari Satelit Terra terpantau ada 1 titik di Sembakung Kabupaten Nunukan tingkat keakuratan 38 persen. Sebanyak 5 titik di Kecamatan Tanjung Palas Timur tingkat keakuratan mulai 17 hingga 77 persen.

Dan terakhir pantauan Satelit SNPP, 2 titik di Sungai Boh tingkat keakuratan 88 persen. 5 titik di Kecamatan Tanjung Palas Timur tingkat keakuratan 55 hingga 100 persen. Dua Titik di Kecamatan Tanjung Palas Barat tingkat keakuratan 83 persen; Kecamatan Peso Hilir tingkat keakuratan 68 persen. Sementara 9 titik di Malinau Selatan tingkat keakuratan 25 hingga 97 persen.

“Empat titik panas di Kecamatan Tanjung Palas tingkat keakuratan 48 hingga 100 persen,” tutup Sulam. (*/ady/app)

Simak video terbaru dari Nomor Satu Kaltim:

Leave A Reply