Tak Ada Tempat Sampah, Warga Buang di Jalan

Sampah berserakan sepanjang Jalan TIK Semangka, Kelurahan Sambaliung, Kecamatan Sambaliung. (Fery/DiswayBerau)

Tanjung Redeb, DiswayKaltim.com – Sampah yang didominasi limbah rumah tangga terlihat menghiasi jalan TIK Semangka, Kelurahan Sambaliung, Kecamatan Sambaliung, Kabupaten Berau, Rabu (4/9/2019).

Suwardi (39) pengguna jalan, mengeluhkan kondisi bahu jalan yang dipenuhi dengan sampah rumah tangga. tumpukan sampah tersebut sangat mengganggu, terutama aromanya.

“Tumpukan sampah itu cukup lama, sekitar tiga bulan yang lalu sudah ada,” ungkapnya kepada DiswayBerau.

Lokasi pembuangan sampah tersebut, merupakan jalan penghubung antar kelurahan dan satu-satunya akses tercepat bagi masyarakat jika hendak menuju Kota Tanjung Redeb, dan sebaliknya jalan tersebut juga adalah salah satu akses menuju destinasi wisata di daerah pesisir selatan.

Lastri (27) seorang warga yang sedang membuang sampah di bahu jalan mengaku telah beberapa kali melakukan hal tersebut.

“Karena pada dasarnya di situ sudah banyak sampah, ya saya kira itu memang lokasi pembuangan sampah. Jika memang tidak diperbolehkan membuang sampah di situ tolong difasilitasi tempat pembuangan sampahnya,”tegasnya.

Baca Juga:  Ngadu ke Bupati, Pekerja PT KBM Ancam Duduki Disnakertrans

Menyikapi hal tersebut Kepala Bidang Kebersihan Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Berau, Junaidi mengatakan akan segera mengambil tindakan untuk mengurangi banyaknya sampah yang ada di bahu Jalan TIK Semangka tersebut.

“Akan kami kerahkan armada untuk membersihkan daerah sana,”katanya.

Junaidi mengaku, hal tersebut terjadi akibat tidak adanya tempat pembuangan sampah yang disediakan di kawasan Trans Bangun.

“Di sana memang belum ada bak sampah, tapi saat ini kami telah melakukan pengadaan amrol dan sekarang sedang dalam tahap lelang,”jelasnya.

Lanjutnya, DLHK akan melakukan sosialisasi tentang pengadaan amrol kepada masing-masing ketua RT di sekitar lokasi tersebut.

“Kami akan berkoordinasi kepada aparatur kampung agar dapat mengkoordinir warganya,”tandasnya. (*/fst/app)

Simak video terbaru dari Nomor Satu Kaltim:

Leave A Reply