Lambung Bocor, Tongkang Batu Bara Nyaris Karam

kondisi tonngkang bernama lambung Robby 78 yang kandas di perairan Sukan, Senin (1/9/2019). (Istimewa)

Tanjung Redeb, DiswayKaltim.com – Tongkang yang mengangkut batu bara mengalami kebocoran lambung di Sungai Berau, tepatnya di kawasan Sukan Tengah, hingga miring dan nyaris karam ke sungai pada Senin (1/9/2019) pagi.

Tongkang dengan nama lambung Robby 78 itu mengangkut batu bara milik PT Rusianto Bersaudara tujuan Bontang, dari PT Berau Bara Abadi (BBA) Teluk Bayur dan ditarik oleh Tugboat Bloro 30.

Operasional Kesyahbandaran Berau Sukriadi membenarkan peristiwa tersebut, dari informasi yang dihimpun pihaknya, kebocoran lambung terjadi akibat tongkang Robby benturan dengan kapal tongkang BG Indomariana di perairan Sukan Senin dini hari.

“Akibat insiden saling senggol itu, tongkang Robby 78 mengalami kebocoran di lambung bagian belakang sisi kanan hingga lebar mencapai 1 meter,” ujarnya kepada DiswayKaltim.com.

Lanjut Sukriadi, saat ini pihaknya telah memanggil manajemen pemilik batu bara guna berkoordinasi terkait evakuasi tongkang yang mengangkut 4,8 ribu metrik ton batu bara itu.

Baca Juga:  Manisnya Cuan Tambang Batu Bara Untuk Pemkot Bontang

“Komunikasi sementara proses evakuasi akan dilakukan menunggu air sungai surut, jika memungkinkan akan di tarik ke muara pantai, tetapi jika tidak memungkinkan akan dialih muat di lokasi,” terangnya.

Meski kemiringan kapal tongkang Robby 78 cukup mengkhawatirkan, namun Sukriadi memastikan jika kondisi batu bara yang ada di dalam tongkang masih cukup aman hingga dipastikan tidak akan mencemari sungai.

” Itu lokasi kandasnya dangkal, jadi masih jauh menyentuh air. Kita juga tetap monitor terus perkembanganya,” tandasnya.(*/rie/app)

Simak video terbaru dari Nomor Satu Kaltim:

Leave A Reply