Bau Tak Sedap, Saluran di Pasar Sanggam Diduga Tersumbat

Sejumlah lubang ke saluran drainase yang ada di pasar basah diduga tersumbat dan menimbulkan aroma tak sedap.(Fery/DiswayBerau)

Tanjung Redeb, DiswayKaltim.com – Pengunjung dan pedagang Pasar Sanggam Adji Dilayas mengeluhkan bau busuk yang menyengat akibat banyaknya saluran drainase yang tersumbat di kompleks pasar basah.

Seperti halnya Ida (44), pengunjung yang mengeluhkan aroma busuk di areal pasar basah, sehingga membuatnya enggan berlama-lama untuk memilah belanjaan.

“Pasar ini sudah pernah mendapat penghargaan, tapi kok sayang ya ada bau busuk begini,” katanya kepada DiswayBerau.

Ida berharap pengelola pasar bisa mencari penyebab bau busuk di kompeks pasar basah, serta langsung membersihkannya.

Andi, pedagang ayam yang mengakui jika penyebab aroma busuk berasal dari banyaknya saluran drainase yang tersumbat dan mengakibatkan air tergenang di lantai pasar basar. Bahkan, ada pengunjung terjatuh.

“Sering sumbat (saluran) dan kalau sudah tersumbat itu jalanan jadi licin,” katanya.

Lanjutnya Andi, jika dalam kondisi banjir terkadang banyak kecoa dan belatung yang keluar dari saluran drainase.

Menyikapi hal tersebut, Kepala UPTD Pasar Sanggam Adji Dilayas Salehuddin akan segera mengambil tindakan.

Salehuddin menyebut, ada 600 lubang ke saluran drainase yang ada di Pasar Sanggam Adji Dilayas, yang pastinya akan dilakukan pengecekan terlebih dahulu.

“Kami belum mengetahui berapa banyak yang tersumbat,”jelasnya.

Pihaknya berjanji, sesegera mungkin menyikapi masalah ini. “Selain pasar, tempat ini cukup banyak dikunjungi oleh orang-orang dari luar Berau, maka dari itu kami akan memberikan semangat kepada teman-teman cleaning service dapat memperhatikan dari hal-hal terkecil,” pungkasnya.(*/fst/app)

Simak video terbaru dari Nomor Satu Kaltim:

Leave A Reply