Sehari, Dua Titik Karhutla

Kebakaran lahan yang terjadi di Kampung Rantau Panjang pada Kamis (8/8). (Istimewa)

Tanjung Redeb, DiswayKaltim.com – Kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) kembali terjadi di sejumlah titik di Kabupaten Berau, Kamis (8/8).

Komandan Regu (Danru) II Pemadam Kebakaran, BPBD Berau, Agus Harianto menyebutkan kebakaran terjadi di 2 titik yakni Kampung Labanan Makarti sekitar pukul 14.08 Wita, Kecamatan Teluk bayur dan di Kampung Rantau Panjang 14.20 Wita, Kecamatan Sambaliung.

Dalam proses memadamkan api di kedua lokasi, pihaknya menurunkan dua unit damkar untuk memadamkan api di kedua lokasi. Dan pihaknya bekerja sama dengan TNI-Polri yang dibantu masyarakat setempat.

“Ada dua unit armada yang kita turunkan untuk memadamkan api di Labanan Makarti dan Rantau Panjang,” ungkapnya kepada DiswayBerau.

Dampak dari kebakaran lahan di Labanan Makarti diprediksinya sekitar 10 hektare lahan, sedangkan untuk di Rantau Panjang diperkirakan seluas 2 hektare.

Dijelaskannya, musim kemarau seperti saat ini potensi kebakaran sangat mungkin terjadi. Bahkan, seminggu terakhir, kebakaran yang menghanguskan puluhan hektare lahan juga terjadi di Tumbit Sari, Sambaliung.

“Di Tumbit Sari Selasa (6/8) kemarin itu juga seluas 20 hektare. Rata-rata lahan yang terbakar itu milik warga, sekarang kami masih menerima laporan adanya titik api yang terlihat di sana,” terangnya.

Untuk pencegahan Karhutla, pihaknya akan berkoordinasi lebih lanjut dengan Dinas Kehutanan agar kebakaran tidak meluas. Di sisi lain, pihaknya juga meminta masyarakat untuk tidak membakar lahan saat musim kemarau untuk menghindari kebakaran. (*/fst/app)

Simak video terbaru dari Nomor Satu Kaltim:

Leave A Reply