Diduga karena Puntung Rokok, Dua Hektare Lahan Terbakar

Lahan yang terbakar di Tanjung Batu, Kecamatan Pulau Derawan. (Istimewa)

Pulau Derawan, DiswayKaltim.com – Kebakaran lahan di wilayah Kecamatan Pulau Derawan, kembali terjadi pada Senin (5/8) sekitar pukul 12.00 Wita. Kali ini terjadi di sekitar Kampung Tanjung Batu, tepatnya di arah kilometer 13 jalan poros Tanjung Batu menuju Tanjung Redeb.

Kapolsek Pulau Derawan Iptu Kokoh Djumarko, mengatakan, lahan yang terbakar merupakan hutan semak belukar yang merupakan milik salah seorang warga Kampung Tanjung Batu.

“Ada sekitar dua hektare yang terbakar,” katanya saat dihubungi DiswayBerau.

Menurutnya, api diduga disebabkan oleh puntung rokok yang dibuang warga, kemudian membakar rumput kering yang ada di lokasi tersebut. Apalagi kondisi cuaca juga dikatakannya cukup panas sehingga mempermudah proses kebakaran.

Untuk mencegah api menyebar lebih luas, pihaknya bersama sejumlah personel damkar dibantu aparat TNI langsung melakukan pemadaman dengan menurunkan 1 unit damkar ke lokasi.

“Diperkirakan ada yg membuang puntung rokok di semak belukar, apalagi cuaca kemarau dan rumput kering, jadi lebih mudah terbakar. Alhamdulillah api berhasil kami padamkan. Sebelum kembali pulang, kami juga memastikan api tidak lagi menyala,” jelasnya.

Ia berharap, masyarakat lebih berhati-hati dan tidak membakar sesuatu yang berpotensi menimbulkan kebakaran. Apalagi peristiwa kebakaran lahan maupun rumah kerap kali terjadi.

“Kalau ingin membakar sebaiknya dijaga, dan sebelum ditinggalkan pastikan apinya sudah benar-benar mati, demi keamanan bersama, apalagi saat musim kemarau,” pungkasnya. (*/zza/app)

Simak video terbaru dari Nomor Satu Kaltim:

Leave A Reply