10 Hektare Lahan di Desa Tanjung Agung Terbakar

Kebakaran hutan dan lahan di Desa Tanjung Agung yang cukup luas.(Heri/DiswayKaltara)

Bulungan, DiswayKaltim.com – Kabut asap sempat mengganggu aktivitas warga SP 4 Desa Tanjung Agung Kecamatan Tanjung Palas Timur, Bulungan. Hal itu diakibatkan oleh kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) yang terjadi sejak pagi sekira pukul 10.00 Wita, Kamis (25/7).

Karena lambatnya informasi yang diterima oleh Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bulungan, maka pemadaman juga terlambat dilakukan. “Informasi yang masuk itu pukul 13.00 Wita kalau di desa itu ada kebakaran lahan, sementara kabakarannya sudah sejak pagi,” ungkap Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Bulungan, Fatokah kepada DiswayKaltara.

Lahan yang terbakar di desa itu diperkirakan mencapai 10 hektare, dengan beberapa titik kebakaran membuat petugas kewalahan dalam memadamkan apinya. Api sendiri muncul di belakang SMP 6 Tanjung Agung. Pemadaman, kata dia masih berlangsung hingga pukul 16.00 wita, untuk memastikan api benar-benar padam.

“Ada tiga titik api. Kita berjibaku untuk memadamkan api, sempat kesulitan karena medannya yang jauh,” sebutnya.

Lanjutnya, api yang membakar lahan itu awalnya kecil yang berada di satu titik namun perlahan-lahan api meluas ke berbagai arah dan menyebar ke lahan lainnya. Sementara itu BPBD belum mengetahui penyebab kebakaran.“Kami fokus pemadaman api. Asapnya tebal dan sempat mengganggu akses pengguna jalan karena menghalangi pandangan,” ucap Fatokah.

Pemadaman itu juga melibatkan dari petugas pemadaman kebakaran. Api cepat menyebar dan membesar karena tertiup angin. Dirinya meminta kepada warga agar jangan membakar sampah di dekat lahan yang mudah terbakar. Dan juga saat pembukaan lahan agar mendapatkan penjagaan. (*/ady/app)

Simak video terbaru dari Nomor Satu Kaltim:

Leave A Reply